Menanggapi masalah yang dialami teman saya Handiyas Prabowo hari ini tentang installasi Modem Etisalat Huawei e1550 untuk Windows Seven (Win 7) di netbook hp mini milik saudaranya, maka kali ini akan saya share ilmu yang saya ketahui disini.

Huawei Etisalat

Huawei Etisalat

Agar modem huawei dapat digunakan maka perlu diiinstal driver modem tersebut ke komputer. Menurut informasi dari googling di internet modem huawei E1550 etisalat, adalah produk modem yang dibuat oleh huawei namun dibuat khusus paketan (bundle) dengan operator seluler etisalat di Uni Emirat Arab. jika di Indonesia mungkin mirip dengan bundle modem huawei E220 Indosat. Mengenai keberadaan modem tersebut di Indonesia silahkan di cari di google, ……, perkiraan saja mungkin modem tersebut tidak laku di negara UEA sehingga dikirim ke Indonesia, atau mngkin ada alasan lain……

Modem huawei E1550 etisalat ini sudah di unlock, jadi semua kartu gsm bisa digunakan sebagai simcard modem tersebut, dari pengalaman modem tersebut berfungsi dengan baik saat menggunakan simcard 3, im2, dan im3 , untuk simcard yang lain belum pernah saya coba, silahkan rekan-rekan untuk mencobanya, dan kalu berhasil tolong kabari saya ya dengan menulis komentar pada artikel saya kali ini :D

Kembali ke topik semula tentang cara install modem huawei E1550 di komputer dengan operating system windows 7

(sebelumnya saya mohon maaf karena tidak menyertakan screenshoot dari windows 7 tetapi malah windows xp, karena ya memang saya lupa, he.he :D   maapin ya rekan-rekan semua :D)

Terkadang modem tidak terdeteksi di operating system tertentu misalnya tidak terdeteksi di windows 7 atau macintosh. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut:
1. Terjadinya konflik hardware , ada beberapa kasus saat modem dicolok ke port usb, maka secara otomatis port usb yang lain tidak dapat digunakan sehingga komputer hang.
Solusi : Jika hal ini terjadi kita hanya perlu menunggu patch/update dari operating system atau update dari pembuat modem

2. Driver Modem tidak compatible dengan windows 7, hal ini kemungkinan saat modem diproduksi oleh pabriknya belum beredar windows 7 , driver yang disertakan hanya support windows xp dan vista sehingga jika modem rekan kopasus produksi lama maka besar kemungkinan saat driver bawaan modem diinstal tidak dapat dikenali oleh windows 7
Solusi :

Download drivernya di sini atau dengan klik tombol di bawah

Download Here

Download Here

driver tersebut diupload oleh staff huawei. (berdasarkan info di situs huawei)
Langkah yang harus dilakukan untuk menginstal driver modem huawei E1550

1. Masukkan simcard gsm ke dalam modem
2. Colok modem ke port usb (colokan usb komputer)
3. Secara otomatis komputer akan mendeteksi file driver yang ada di memori internal modem, selanjutnya akan melakukan penginstalan secara otomatis, kotak dialog pertama yang muncul seperti gambar di bawah ini
Klik Next

4. Selanjutnya akan tampil seperti di bawah ini
klik I Agree

5. Kemudian tampil kotak dialog berikut
Klik Next

6. Pada tampilan berikut
Klik Install

7. Tunggu hingga muncul kotak dialog berikut
Klik Finish

Restart komputer, (biarkan modem terpasang di komputer)
Pada saat startup windows akan mendeteks modem dan menyediakan file-file yang dibutuhkan oleh windows saat menjalankan modem.
Sampai tahap ini, driver modem telah terinstall di komputer, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi agar modem bisa digunakan untuk mengakses internet.

Petunjuk konfigurasi:

  • Pada saat pertama kali membuka Mobile Partner, rekan kopasus akan diminta untuk memasukkan konfigursi dari huawei modem.
  • Masukkan APN, username, password sesuai dengan operator selular yang rekan kopasus gunakan (jika ingin mengunakannya untuk koneksi internet.
    Huawei e5832 Wireless Modem
  • Klik Advanced jika ingin menggunakan koneksi lebih kanjut (Pada beberapa operator selular mengharuskan rekan kopasus melakukan ini).
    Huawei e5832 Wireless Modem
  • Untuk melakukan koneksi internet, klik icon Connection pada menu bagian kiri atas, pilih profile yang ingin rekan kopasus gunakan dan klik Connect di bagian kanan.
    Huawei e5832 Wireless Modem

Selamat Mencoba :D

sumber gambar : KomputerSeo

About these ads