Squid

Squid

Mungkin diantara kita sedang ada yang bertanya, apa itu Proxy? Proxy merupakan aplikasi yang menjembatani antara client dengan web server. Banyak sekali fungsi proxy yang ada, salah satunya adalah untuk menyimpan cache. Apabila suatu client dalam jaringan LAN mengakses URL web maka browser yang digunakan akan mengirim request ke proxy server. Apabila tidak tersedia, maka proxy server akan menangani langsung permintaan ke web server.

Secure Proxy Content

Secure Proxy Content

Seperti gambar di atas, Proxy dan proxy server adalah dua hal yang berbeda.

  1. Proxy merupakan layanan yang dimiliki proxy server
  2. Proxy server bertugas melayani permintaan dari client. Bila Anda mengakses suatu alamat web, IP Anda akan dicek kemudian disimpan untuk dilakukan autentikasi. Apabila ingin mengakses web yang melarang IP selain negaranya atau hanya memperbolehkan dari negara tertentu, kita dapat memanfaatkan proxy.

IP merupakan pengalamatan/identitas pada jaringan. Ada dua jenis IP yang akan saya berikan penjelasan, yaitu :

  1. IP private : IP yang digunakan oleh jaringan local (LAN)
  2. IP public  : IP yang diberikan oleh  Internet Service Provider (ISP).

Tidak sulit bagi seseorang untuk menemukan lokasi seseorang dan layanan internet yang digunakan dari IP yang dimilikinya. Fakta ini menjadi keresahan bagi defacer yang berusaha men-deface atau memasuki celah keamanan suatu website. Karena hal tersebut, peran proxy sangatlah membantu penyamaran.

Sebagai contoh : Ketika saya ingin masuk ke web http://tools.com.my dan merusaknya, apabila saya berhasil merusaknya, sang admin akan melihat log IP yang pernah atau terakhir kali mengakses web-nya.

Seperti halnya penjahat di dunia nyata, sang defacer tidak ingin meninggalkan jejaknya begitu saja. Begitu banyak cara untuk menggunakan proxy. Untuk menyamarkanya, cukup dengan mengakses URL target melalui penyedia proxy. Sehingga seolah-olah yang terdata pernah mengakses target adalah IP dari proxy tersebut. Sedangkan IP yang asli hanya ter-log di proxy. Meskipun lebih aman, imbasnya adalah koneksi semakin lambat. Cara seperti di atas masih dimungkinkan untuk dilacak. Namun, berbeda bila menggunakan proxychain atau menggunakan proxy untuk mengakses proxy.

Nah tahu kan maksudnya? ;-)

referensi : Ilmu Komputer

About these ads