Tadi siang, Facebook —situs social networking yang sangat populer saat ini, bahkan saat ini menempati urutan pertama Top Sites in Indonesia berdasarkan Alexa— telah mengaktifkan fitur username untuk penggunanya. Dengan adanya penggunaan username dalam Facebook akan semakin memudahkan penggunanya ketika akan memberikan alamat halaman profil ke orang lain karena lebih mudah diingat dibandingkan dengan deretan angka yang selama ini digunakan. Alamat profil yang sebelumnya akan menjadi http://www.facebook.com/nama.kamu.

Dari pantauan link-link ke teman saya di Facebook, ternyata masih banyak yang belum mendaftarkan username. Bagi rekan kopasus pengguna Facebook dan akan mendaftarkan username, hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa username yang dibuat hanya mengandung karakter alphanumeric (a-z,0-9) atau titik (.) dengan panjang minimal 5 karakter. Jika nantinya sudah membuat username, maka username ini tidak bisa diganti dengan yang lain, jadi pastikan bahwa username yang rekan kopasus pilih benar-benar sudah sesuai keinginan rekan kopasus dan hindari salah ketik.

Mengenai langkahnya, pertama adalah masuk ke alamat http://www.facebook.com/username dan jika rekan kopasus sudah dalam status login ke Facebook maka rekan kopasus akan mendapati beberapa saran username. rekan kopasus dapat memilih salah satunya jika memang ada yang sesuai keinginan atau memasukkan yang lain pada kotakl isian yang disediakan.

Setelah mengklik “Check availability” dan username yang rekan kopasus buat memang masih tersedia maka akan ada konfirmasi untuk penggunaan username tersebut.

Setelah klik Confirm, maka rekan kopasus akan mendapati informasi akhir bahwa username rekan kopasus telah diset. Setelahnya, alamat seperti facebook.com/nama.anda tersebut dapat rekan kopasus gunakan ketika memberitahukan teman atau kenalan rekan kopasus mengenai keberadaan rekan kopasus di Facebook.

Saya sendiri sudah membuat username untuk account Facebook saya yaitu Sidik Hadi Kurniadi, jadi rekan kopasus dapat memulai melihat atau menambahkan saya di Facebook dengan mengakses http://www.facebook.com/shkurniadi Bagaimana dengan rekan kopasus, sudahkah rekan kopasus membuat username Facebook rekan kopasus sendiri?

Source:maseko