Sebuah fitur baru kembali diluncurkan oleh Facebook, yaitu fasilitas untuk upload foto dan video ke Facebook melalui email. Jika sebelumnya saya paparkan upload dengan bantuan website lain yaitu pixelpipe.com, maka saat ini rekan kopasus bisa langsung upload melalui alamat email khusus yang diberikan oleh Facebook.

Alamat email yang dapat dikirimi foto dan video berbeda setiap pengguna. Berikut ini untuk mengetahui alamat email rekan kopasus:

Mobile

Silakan login ke Facebook Mobile di m.facebook.com, maka akan ada keterangan untuk unggah foto lewat email atau mms.

fb-mobile

Klik Unggah. rekan kopasus akan mendapatkan sebuah alamat email khusus misalnya: alamat-email-khusus@m.facebook.com. Setiap orang akan mendapatkan alamat email yang berbeda. Namun alamat email ini bisa dikirimi oleh siapapun, jadi berhati-hatilah menyimpan alamat email tersebut.

Selain itu alamat email khusus bisa rekan kopasus lihat melalui menu Pengaturan – Akun – Dibagian bawah ada alamat Unggah Email Anda.Sedangkan untuk mereset/mengganti alamat silakan klik Setel Ulang.

Melalui Web

Silakan masuk ke http://www.facebook.com/mobile.

fb-email

Dibawah menu Unggah Foto lewat Email ada alamat email khusus rekan kopasus. Untuk mengirimkan alamat khusus tersebut ke email rekan kopasus silakan klik Kirimi saya email pengunggah sekarang. Sedangkan untuk mereset/mengganti alamat silakan klik Cari Tahu Lebih Banyak – Kapan saja, segarkan email pengunggah. Terjemahannya agak aneh😀

Cara Mengirim Foto dan Video

Untuk mengirimkan foto dan video caranya seperti berkirim email biasa. Contohnya seperti ini:

* Kepada: Diisi dengan alamat email khusus rekan kopasus misalnya email-khusus@m.facebook.com.
* Subyek: Isi dengan Judul Foto.
* Isi: Berisi Deskripsi foto.
* Kemudian lampirkan (attach) foto atau video yang ingin rekan kopasus kirim. Jika rekan kopasus mengirim foto lebih dari satu maka semua judul akan sama serta tidak ada deskripsinya. Apabila ingin memberi judul dan deskripsi yang berbeda, lebih baik mengirimnya satu persatu.

Saat terkirim akan ada notifikasi di alamat email rekan kopasus. Semua foto akan masuk di folder Upload dari Ponsel. Setingan awalnya adalah publik, namun rekan kopasus bisa menseting folder tersebut menjadi private lewat web Facebook.

Saat mencoba untuk mengirim foto dan video semuanya bisa masuk dengan lancar. Hanya saja video tidak bisa dilihat di versi mobile.

Sarana ini bisa mempermudah mengirim foto dan video terutama dengan menggunakan email client bawaan ponsel, mms atau aplikasi email yang bisa melampirkan foto atau video. Sayangnya masih belum ada fitur upload langsung dari versi mobilenya.

Semoga bermanfaat

Source: http://www.darmawanku.com