Sebagai pengguna Windows, kemungkinan besar rekan kopasus pernah melihat atau mengalami sendiri kejadian crash dan munculnya pesan error dalam layar biru atau yang dikenal sebagai Blue Screen of Death (BSoD). Kejadian tesebut umumnya terjadi karena adanya masalah sistem Windows yang cukup serius, file DLL yang tidak kompatibel atau masalah dengan hardware yang digunakan. Pada saat BSoD ini terjadi, Windows akan membuat sebaih file minidump yang menyimpan informasi mengenai kejadian crash tersebut, yang mungkin nantinya dapat digunakan untuk menganalisa mengapa hal tersebut terjadi. Untuk kemudahan membaca file minidump yang dibentuk, rekan kopasus dapat menggunakan BlueScreenView.

 

Dengan BlueScreenView, melihat isi file minidump Windows akan semakin mudah dan cepat, bahkan rekan kopasus dapat melihat kembali tampilan layar biru yang sebelumnya terjadi.

BlueScreenView yang hadir sebagai program yang dapat diinstall maupun portable ini, begitu dijalankan akan menscan file-file minidump yang tersimpan. Dengan melihat waktu crash (Crash Time) yang sebelumnya terjadi, rekan kopasus dapat memilih file minidump (.dmp) mana yang akan rekan kopasus lihat. Dengan preferensi default, pada jendela bagian bawah, rekan kopasus akan diperlihatkan daftar semua file-file driver yang digunakan pada saat crash terjadi. Melalui menu Option – Lower Pane Mode, rekan kopasus dapat menggantinya dengan mode Only Drivers Found in Stack atau Blue Screen in XP Style yang akan menampilkan tampilan dalam layar biru.

BlueScreenView Features

1. Automatically scans your current minidump folder and displays the list of all crash dumps, including crash dump date/time and crash details.

2. Allows you to view a blue screen which is very similar to the one that Windows displayed during the crash.

3. BlueScreenView enumerates the memory addresses inside the stack of the crash, and find all drivers/modules that might be involved in the crash.

4. BlueScreenView also allows you to work with another instance of Windows, simply by choosing the right minidump folder (In Advanced Options).

5. BlueScreenView automatically locate the drivers appeared in the crash dump, and extract their version resource information, including product name, file version, company, and file description.

BlueScreenView merupakan freeware yang dapat digunakan pada Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, dan Windows 7.

Sumber:maseko