Tanggal 29 Oktober telah dirilis versi terbaru dari Ubuntu, yaitu Ubuntu 9.10 code name “karmic koala”. Nama tersebut diambil dari binatang koala demi ikut berpastisipasi dalam melestarikan habitat koala yang semakin sedikit.

Hardware yang saya gunakan masih mengenai Ubuntu 9.04 yaitu :

– Laptop Acer Aspire 2920, 12″
– Proc Core 2 Duo T7500 2,2GHz
– RAM 4GB DDR2
– HD 160GB
– VGA share Intel X3100 / i965GM
– DVD RW
– Cam 2MBpx
– Wifi Intel 4965AGN
– LAN Broadcom 1Gbps

Setelah selesai instalasi, Proses booting Ubuntu 9.10 ini cukup cepat. Beberapa feature baru yang ada di ubuntu 9.10 ini adalah :

* Menggunakan GNOME 2.28.1
* Firefox versi 3.5.3
* Empathy yang menggantikan Pidgin sebagai default instant messaging client
* GDM yang menyerupai Login Window pada Sistem Operasi Windows, yang mana rekan kopasus tidak perlu mengetikkan lagi Username dan Pasword rekan kopasus. Untuk Login rekan kopasus hanya tinggal klik account rekan kopasus maka otomatis account rekan kopasus telah terbuka dengan sendirinya.
* Ubuntu One file sharing, berguna untuk proses sinkronisasi dan integrasi antara beberapa Komputer / PC dan tampilan Web, jadi punya flashdisk online 2GB nih🙂
* Manajemen power yang lebih ditingkatkan, Tombol singkat pada laptop, dan menangani peralatan penyimpan data (storage), kamera dengan memindahkannya dari “hal” ke DeviceKit-power, DeviceKit-disk dan “udev”.
* Linux kernel 2.6.31, pada kernel ini menghadirkan kernel mode setting yang diaktifkan untuk grafis Intel
* Driver Intel terbaru yang lebih baik.
* GRUB ver.2 digunakan sebagai default boot loader untuk installasi Ubuntu Karmic
* OpenOffice terbaru saat ini Ver. 3.1.1

Lebih detail mengenai perubahan pada ubuntu 9.10 silahkan lihat di : http://www.ubuntu.com/getubuntu/releasenotes/910

Atau bisa lihat juga Tour of Ubuntu 9.10 disini : http://www.ubuntu.com/products/whatisubuntu/910features

Berikut review saya sementara ini mengenai Ubuntu 9.10 :

– VGA Intel, Sepertinya terjadi peningkatan support terhadap driver VGA Intel, Secara default sudah bisa menjalankan 3D.
– Compiz fusion juga sudah langsung running dengan sempurna.
– Camera di Laptop Acer juga sudah langsung ON, Untuk programmnya saya menggunakan Cheese yang di download dan install dari synaptic.
– OpenOffice juga lancar, namun ketika saya mencoba untuk menginstall openoffice secara manual dari dari source deb dari openoffice.org dan tidak berhasil, selalu muncul crash. Akhirnya saya tetap menggunakan openoffice bawaan ubuntu repository.
– Kompozer Ver-0.8a4 sudah dapat digukan dengan sempurna yang terdapat pada ubuntu repository. Tidak seperti di ubuntu 9.04 yang masih error ketika mengedit tabel.
– GNS3 juga sudah tersedia di repository ubuntu, GNS3 ini adalah software router cisco emulator. Sebenarnya memang sudah ada di repository ubuntu sejak ubuntu 9.04.
– Pulseaudio yang lebih baik. Driver sound yang lebih baik pada pulseaudio. sehingga streaming dan lokal tidak terjadi error lagi. Dulu ketika di ubuntu 8.04 kalau kita sudah menjalankan streaming video atau audio maka kita tidak bisa lagi menjalankan video maupun audio yang ada dilokal hardisk kita.
– Untuk membaca RAM 4GB maka saya menginstall kernel 32 bit yang mensupport ram 4GB yaitu “linux-image-2.6.31-generic-pae”. Pada ubuntu versi 9.10 ini tidak ada lagi kernel server yang dapat di install ketika kita menjalankan ubuntu desktop. Nah gantinya ya kernel “pae” itu.
– Email client saya tetap menggunakan Kontact milik GUI KDE. Karena evolution mail client bawaanya belum sesuai dengan kebutuhan saya. Dan Kontact di versi ini lebih stabil dan cepat.
– Ubuntu One yang sangat berguna sekali bagi saya sebagai media penyimpanan online yang dapat diakses dimana saja melalui ubuntu saya. Dan yang pastinya gratis dengan space 2GB.
– Oh iya, untuk chating saya tetap menggunakan Pidgin, karena bawaan ubuntu 9.10 yang sekarang adalah Empathy belum ada feature log capturenya.
– Untuk wifinya Intel 4965AGN harus menginstall “linux-backports-modules-karmic-generic-pae” dan “linux-backports-modules-wireless-karmic-generic-pae”, tanpa itu wifi nya tidak bisa dijalankan. Ingat bagi yang tidak menggunakan kernel “pae” ya pakai yg generic biasa
– Login Screen yang simple, Tidak bisa di edit lagi via GUI nih.., tapi jangan takut, caranya aja kok yang sekarang berbeda, coba lihat disini dan disini
– Program F-Spot nya sekarang langsung bisa upload ke facebook nih. Makin asik aja deh🙂

Secara keseluruhan versi ubuntu 9.10 ini cukup baik, belum ada bugs yang fatal yang saya temukan. Performanya juga cukup mengagumkan. Mungkin bisa dicompare dengan Windows 7🙂. Sebagai alternatif, Ubuntu 9.10 cukup bagus diperhitungkan untuk digunakan sebagai OS yang handal.

Mungkin itu dulu review yang dapat saya berikan untuk saat ini, nanti kalau ada tambahan akan saya update disini. So.. keep stay with me🙂