SKOPJE – Seorang gadis kecil berumur 8 tahun berhasil memecahkan rekor sebagai orang paling muda dalam melewati ujian sertifikasi dari Microsoft.

Adalah Marko Calasan asal Skopje, Macedonia, berhasil menjadi orang yang paling muda dalam mendapatkan sertifikat komputer untuk sistem adiministrator. Padahal usia Calsan baru menginjak usia 8 tahun. Keberhasilan bocah ini telah melewati rekor sebelumnya yang dipegang oleh� M Lavinashree dari India, yang berusia 9 tahun.

“Saya ingin menjadi ilmuwan komputer saat besar nanti, dan membuat saya ingin membuat sistem operasi baru,” ungkap Marco Calsan, seperti yang dilaporkan Telegraph, Rabu (21/1/2009).

Keberhasilan Marco sebagai administrator sistem komputer bersertifikat termuda di dunia tidak terlepas dari minat belajarnya sejak kecil. Bahkan menurut Radica, ibunda Marco Caslan, ia dan suaminya yang menjalankan sekolah komputer sering meminta bantuannya saat mengalami masalah teknis.

“Ia jelas sangat berbakat, ketika anak ini berusia di atas enam tahun sudah dapat mempelajari komputer lebih cepat dari asumsi sebagaian besar orang,” katanya.

Marko juga tertarik dengan pelajaran fisika dan astronomi, bahkan sering mengalami kesulitan untuk tidur di malam sebelum diluncurkannya eksperimen Big Bang di fasilitas bawah tanah dari European Organisation for Nuclear Research di Swiss.

“Media mengatakan bahwa ini dapat menyebabkan akhir dari dunia, namun rasanya hal tersebut tidak berbahaya,” ujar ibunya seperti yang dikatakan Marko. (srn)
sumber: james