Solaris 10, system operasi UNIX dari Sun kini sudah tidak gratis lagi. Oracle telah mengautr lisensinya, yang kini meminta user untuk membeli kontrak layanan untuk menggunakan software Solaris 10 ini. Kebijakan Sun sebelumnya membolehkan user untuk menggunakan Solaris 10 secara gratistanpa support resmi. User dapat mendapatkan lisensi hak menggunakan software tersebut dengan mengisi survey simple dan memberikan alamat email ke Sun. Kini Oracle menghentikan kemungkinan ini, dan mengganti versi gratisnya dengan versi trial berdurasi terbatas.

“Hak user untuk menggunakan Solaris setelah men-download-nya dalam waktu trial selama 90 hari, kecuali user meminta kontrak layanan untuk download software ini.“ seperti yang tertulis dalam lisensi. Namun, perubahan kebijakan lisensi Sun ini tidak berimbas ke OpenSolaris, yang masih dapat digunakan secara gratis di bawah term open source Sun, Common Development and Distribution License (CDDL).

Belum jelas apakah OpenSolaris menyusul kebijakan Solaris ini atau tidak, namun Oracle tidak membuka source code improvisasi OpenSolaris untuk membedakan dengan yang ditawarkan di Solaris.(h_n)

Sumber : beritanet.com