Rekan kopasus, berbagai macam/jenis virus tak hanya menyebar melalui dunia nyata (melalui perangkat flashdisk dsb) tapi juga bisa melalui dunia maya. Bisa penyebaran melalui situs situs maupun virus yang sengaja di upload lalu di sebarkan di situs situs atau bisa akan seperti malware.

Virus tak hanya bersifat merusak atau lainnya, juga bisa bersifat mengakses data data pribadi (mencuri data pengguna) atau dengan situs phising (fake login, dsb), yang banyak beredar di dunia maya.

Pesan Virus McDonald

Pesan Virus McDonald

Contohnya mungkin virus McDonald yang lagi heboh di Facebook. Karena virus ini bekerja dengan memanfaatkan akun pengguna facebook dengan iming-iming video aneh mengenai MCDonald. Dengan memberikan tautan link yang berisi Aplikasi facebook. Untuk melihat isi aplikasi ini, pengguna harus menekan tombol Allow (mengizinkan akses ke akun facebook rekan kopasus sekalian). NAMUN, nyatanya video yang di cari tak juga muncul, justru akan otomatis mengirimkan undangan yang berisi link tautan video mengenai MCDonald tadi.

virus mcdonald di facebook1

virus mcdonald di facebook1

Coba rekan kopasus bayangkan, dengan menekan tombol allow berarti kita setuju / mengizinkan akses ke akun facebook kita. Bisa saja posting di wall, akses data kapan saja, akses ke informasi kontak, bahkan mengatur halaman di Facebook. Nah, bagaimana jika data data pribadi kita di akses oleh orang lain.??.

Kalau tidak salah , Graham Cluley dari perusahaan keamanan internet dan komputer Sophos telah mengingatkan bahwa penyebaran virus ini sudah berlangsung sejak Agustus 2010. Menurutnya, penyebar virus memang selalu mengubah judul, tetapi semuanya terkait McD. Walau begitu, judul tersebut bisa saja diganti dengan judul menarik apa pun. Facebook pun sudah dihubungi untuk mencegah penyebaran. Namun, virus itu rupanya masih bisa bocor hingga ke pengguna di wilayah kita, wilayah Indonesia.

Bagaimana sang pelaku mencuri data Facebook? Begini cara kerjanya. Undangan tersebut menyertakan tautan ke alamat situs dengan iming-iming video berisi informasi aneh tentang McDonald. Begitu tautan tersebut diklik, akan muncul aplikasi Facebook dengan nama “Worst McD’s Customer” seperti pada gambar screenshoot yang sempat saya ambil. Untuk dapat membuka video, halaman tersebut meminta izin Anda untuk mengakses identitas, posting di wall, akses data kapan saja, akses ke informasi kontak, bahkan mengatur halaman di Facebook.

Jika pilihan allow yang diklik, boro-boro dapat video yang diharapkan. Aplikasi tersebut malah secara otomatis mengirimkan undangan yang sama ke semua teman Anda. Bayangkan kalau semua yang diizinkan pengguna dimanfaatkan pelaku. Halaman Facebook Anda bakal diacak-acak.

Jadi, kalau dapat undangan dengan judul terkait McD dan sejenisnya, abaikan saja. Kalau ragu-ragu, cek informasi apa saja yang mereka ingin akses. Jika berlebihan, maka tinggalkan tautan tersebut. Jangan gadaikan keinginan Anda melihat video aneh-aneh dengan mengorbankan semua akses ke akun Facebook Anda ke orang lain.

Mengenai facebook saya? Tidah usah khawatir, ilmu yang saya punya cukup untuk menghalau ancaman ke komputer saya. Hapus semua referensi yang mengarah ke tautan tersebut, baik di status maupun setting aplikasi. Pastikan tidak ada bagian Facebook Anda yang mengarahkan ke tautan tersebut.

virus mcdonald di facebook2

virus mcdonald di facebook2

Bagaimana caranya? Ikuti kiat dari saya di bawah ini :

1. Klik [Account] [Privacy Settings] Anda akan membuka menu “Choose Your Privacy Settings”

2. Klik [Edit your settings] dari menu “Applications and Websites” di pojok kiri bawah untuk membuka menu “Choose Your Privacy Settings > Applications, Games and Websites

3. Klik [Remove unwanted or spammy applications] untuk membuka layar “Applications, Games and Websites > Applications You Use dak klik tanda “X” di sebelah “Edit Settings”

4. Anda akan mendapatkan layar konfirmasi Remove, klik tombol [Remove] untuk menghapus program HD Video Player

Update

Hasil search di Google menemukan blog kita tecrinta ini :D

Hasil search di Google menemukan blog kita tecrinta ini😀