Jika sekarang kita menggunakan Windows 7, mungkin kita sempat penasaran dengan ukuran taskbar di bagian bawah desktop yang lebih besar dari ukuran taskbar pada Windows XP atau Vista. Ternyata, salah satu kegunaan dari ukuran taskbar yang cukup besar tersebut adalah agar cocok untuk lingkungan Windows 7 Touch Technology.  Sayang, laptop yang saya gunakan untuk membaca tulisan ini kemungkinan besar belum bisa menerima input touch karena layarnya bukan layar sentuh.😛

Trend ke depannya, satu atau dua tahun lagi teknologi touch ini akan sudah umum ditemukan di masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi alat-alat elektronik, layar komputer serta laptop. Untuk sekadar info saja, sekarang sudah banyak laptop atau tablet PC yang menggunakan layar sentuh. Bahkan, rumornya pada Februari 2011 salah satu produsen laptop terkenal, Acer, akan mengeluarkan laptop dual-screen dengan codename “Iconia”. Layar kedua pada laptop ini berada di posisi keyboard pada umumnya dan bisa berfungsi untuk menjadi virtual keyboard.

Jika penasaran, ini beberapa contohnya:

Windows 7 Touch Technology (Gambar 1)

Windows 7 Touch Technology (Gambar 1)

Windows 7 Touch Technology (Gambar 2)

Windows 7 Touch Technology (Gambar 2)

Jangan lupa siapin tissue kalau ngga sengaja ngiler karena kepingin ya😛

Dari sisi programmer, teknologi ini sangat membuka peluang interaksi antara user dengan aplikasi dengan lebih intuitif. Hilangnya keberadaan mouse dan keyboard fisik dapat mengubah cara interaksi user dengan laptop di banyak aspek. Nah, pada Imagine Cup nanti juga ada “Windows 7 Touch Challenge”, dimana kemampuan programming WPF/Silverlight untuk membuat aplikasi yang menerima input touch juga ikut dilombakan. Penasaran? Untuk lebih jelasnya, ayo sama-sama kita lihat ke beberapa link di bawah ini:

Halaman Windows 7 Touch di Imaginecup.com: http://www.imaginecup.com/competitions/windows-7-touch

Resource belajar: http://msdn.microsoft.com/en-us/windows/ee633448.aspx