Setelah postingan saya tentang Cloud Computing disini,

Kali ini saya akan membahas implementasi Cloud Computing dalam komputasi modern, dalam hal ini pembahasan yang saya angkat adalah tentang produk baru Microsoft yaitu  Windows Azure, sebuah system operasi berbasis cloud computing seperti halnya Chrome OS buatan Google dan Jolicloud.

Windows Azure

Windows Azure

Apakah yang dimaksud Windows Azure itu ? Windows Azure merupakan sebuah sistem operasi untuk Cloud. Yang bisa dilakukan oleh para developer maupun ITPro pada Cloud ini adalah seperti meng-install dan menjalankan service pada cloud environment, lalu kita juga bisa menyimpan dan mengambil data dari Cloud tersebut.

Windows Azure, bukanlah sebuah sistem operasi yang akan menjadi pesaing Windows 7 , namun sistem operasi ini mencoba memberikan layanan bagi para developer mulai dari create, deploy dan pendistribusian webservice secara cepat , tentunya Sistem operasi ini berjalan dengan ada nya framewrok khusus “Azure Service Platform”.

Azure Service Platform

Azure Service Platform

Jadi untuk lebih lengkap tentang Windows Azure itu sendiri adalah sebuah sistem operasi yang berjalan diatas Cloud, didesain untuk menjalankan aplikasi dan computing utility. Windows Azure mempunyi 4 buah fitur penting, yaitu :

  • Service Management, Dengan Windows Azure kita diberikan kemudahan untuk mendeploy dan mengatur aplikasi yang kita buat.
  • Compute, Dengan dukungan Cloud kita tidak perlu khawatir dengan performansi dari server itu sendiri.
  • Storage, Storage space yang sanget besar untuk aplikasi kita, jadi siapapun bisa menggunakannya.
  • Developer Experience, developer diberikan kemudahan dalam mendeploy suatu aplikasi, layaknya kita mendeploy sebuah aplikasi dengan visual studio di desktop kita sendiri.

Windows Azure menawarkan banyak sekali kemudahan untuk para developer aplikasi, sama mudahnya dengan mendeploy aplikasi di desktop, namun bedanya kali ini kita mendeploy aplikasi tersebut diatas sistem operasi Cloud, kemudahan yang diberikan :

  • Abstrct execution environtment, Sama mudahnya dengan anda memilih aplikasi yang ingin anda jalankan dan klik RUN!, anda tidak perlu tim deployment yang menentukan di server mana akan menjalankan code dari aplikasi tersebut, semuanya berjalan otomatis.
  • Shared file system, semua file system yang anda butuhkan sudah tersedia.
  • Resource allocation, dengan Windows Azure setiap orang dapat menggunakan environment yang sama dengan yang lainnya.
  • Programing environtment, developer merasakan suasana yang sama halnya dengan mendeploy aplikasi di desktop sendiri.

Windows Azure juga menyediakan support untuk computing utility dimana Windows Azure sangat reliable, it’s always up 24/7 operation, jadi anda tidak perlu pusing untuk membeli atau membangun sebuah data center untuk menjalankan aplikasi anda. Dan yang tidak kalah pentingnya Windows Azure ini bersifat simple, kita dapat mengontrol secara remote dan juga sangta mudah untuk di manage.

Supaya tidak salah intepretasi, Windows Azure bukanlah sebuah software yang berjalan diatas server atau desktop anda, tetapi merupakan sebuah sistem operasi yang berjalan diatas banyak server yang saling terhubung satu sama lain (Cloud) dan di host di data center milik Microsoft US.

Dengan Windows Azure kita dapat secara langsung membangun aplikasi web dan langsung dapat diakses, dimana aplikasi yang kita bangun tertampung di microsoft data center. Jadi kita dapat membangun aplikasi di awan secara langsung.

Aplikasi web apa saja yang dapat dibuat, untuk sementara yang mendukung baru Visual Studio dari microsoftlah yang mendukung, namun tidak menutup kemungkinan project dengan pengembangan yang lain dapat gabung seperti Java  , PHP, dan yang lainnya. Windows Azure sendiri sudah diperkenalkan akhir tahun 2009 lalu.