Pernah Lihat gambar disamping?? mungkin sering yah… trus kalo pacar minta buat gambar semacam ini kira – kira gimana bro? mungkin dalam pikiran kita langsung tertuju pada Adobe Photoshop untuk melakukan editing semacam ini. Yap ini memang pilihan Tepat coz Photoshop adalah program image editing yang paling laris dan lengkap.

Tapi kali ini kita tidak harus selalu menggunakan Adobe Photoshop tetapi memakai sebuah program yang bernama ASCII GENERATOR dotNET yang diciptakan oleh John Matthews dibawah lisensi GPL. Ketika seorang membaca ASCII tentu akan teringat dengan kumpulan text yang sangat banyak. Karena begitulah kira – kira kita memaknai arti ASCII, lalu apa yang ditawarkan program ASCII Generator ini? Apakah menawarkan compiler sebuah bahasa pemrograman kedalam format ASCII?
Bukan kok justru program ini ditujukan untuk user awam yang bahkan tidak mau berurusan dalam pemrograman komputer. ASCII Generator menawarkan sebuah konsep pengubahan file image ke dalam format ASCII. Dengan begitu orang awam mampu menciptakan efek ‘Face of Text’ yang terkenal di beberapa program image editing semacam Adobe Photoshop, maupun PaintShop Pro. Jika kita ingin membuat efek Face of Text di kedua program image editing tersebut kita akan dihadapkan pada proses pembuatan yang cukup rumit dan mungkin membingungkan bagi pengguna awam yang tidak terbiasa mengerjakan image editing
Jika Anda menggunakan Photoshop untuk menciptakan efek ini setidaknya Anda harus sudah mahir memainkan layer2 dalam photoshop dan setidaknya Anda yang awam membutuhkan tutorial untuk mulai membuat efek ini. Disinilah keunggulan ASCII Generator, Anda tidak perlu mahir dalam melakukan editing gambar. Tidak hanya sampai disini pengguna dapat melakukan pengaturan manual disamping pengaturan otomatis yang diberikan mulai dari jenis text yang digunakan, tingkat kecerahan dan kontras gambar akan mempengaruhi tampilan ASCII-nya. Setelah pengguna selesai mengatur opsi yang disediakan John Matthews menyediakan opsi untuk menyimpan format gambar apakah akan disimpan dalam format text ASCII,plain text(yang dapat dilihat menggunakan notepad), rtf (word) atau menyimpan dalam format gambar yang lazim (jpeg, gif dan bmp) dan yang terbaik adalah bisa disimpan dalam format HTML, dengan menggunakan format ini sebuah gambar akan disimpan dalam web dan diupload dengan cepat.

Kelemahan yang agak fatal dari program ini adalah ketergantungannya pada Microsoft Net Framework. Anda harus memiliki minimal Microsoft Net Framework 2.0 untuk menjalankannya. Jika Anda seorang pengguna Vista Anda tidak perlu risau karena Vista telah menyertakan Microsoft Net Framework 3.0 terbarunya. Untuk pengguna XP saya sarankan menggunakan XP SP2 yang mensupport Net Framework 2.0 supaya Anda tidak perlu sia-sia mendownload program ini.

Silakan download AscGen dengan klik tombol download di bawah ini :
Download Here

Download Here