Iseng-iseng mencari alternatif DeepFreeze untuk linux ternyata hasil pencarian yang saya lakukan tidak sia-sia😀

Saya menemukan dua karya anak bangsa yang patut untuk dicoba, apakah itu? Mari kita simak artikel di bawah ini :

Karya pertama yang ingin saya kenalkan yaitu Ofris

Ofris adalah aplikasi (atau lebih tepatnya script) buatan Muhammad Faruq Nuruddinsyah yang berfungsi untuk mengunci sistem (freeze).

Aplikasi buatan anak Indonesia ini berjalan pada modus terminal. Kita bisa mengunci sistem agar perubahan yang terjadi bisa kita kembalikan dengan me-restart sistem. Nama asli dari aplikasi ini adalah Dafturn Ofris Erdana, tapi disingkat oleh TahuTEK.net menjadi Ofris dalam pembuatan PPA agar mudah dalam menjalankannya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ofris silakan klik di sini.

Ofris berjalan di console

Ofris berjalan di console

Proses instalasi Ofris:

Para pengguna Ubuntu bisa menginstal Ofris dengan menambahkan PPA dari TahuTEK.net ke daftar repository:
Repository Ofris di TahuTEK.net

Repository Ofris di TahuTEK.net

Penggunaan Ofris:
Untuk menggunakan Ofris, cukup ketik “ofris” (tanpa tanda petik) di Terminal, maka akan muncul pilihan seperti gambar di atas. Ketik nomor yang sesuai lalu tekan “Enter”.
Catatan: Ofris hanya bisa dijalankan oleh user yang memiliki hak untuk “Administer the System”. Untuk memberi hak ini kepada user bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Login ke User Administrator
  2. Buka menu : ‘System’ > ‘Administration’ > ‘Users and Groups’
  3. Pada jendela User Settings, klik tombol ‘Unlock’, lalu masukkan password User Administrator
  4. Pilih User yang Anda inginkan, lalu klik tombol ‘Properties’
  5. Setelah itu klik tab ‘User Privileges’ dan berikan tanda centang pada ‘Administer the system’
  6. Tekan tombol ‘OK’ dan tutup jendela User Settings
Saya sudah mengetes Ofris di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx dan berjalan cukup baik. Pengetesan yang saya lakukan adalah menghapus beberapa file, dan ketika komputer di-restart file tersebut muncul kembali. Sedangkan untuk pengetesan yang lain, saya minta bantuan teman-teman yang membaca artikel ini. Tulis pengalaman kalian menggunakan Ofris di komentar.
Selain dalam Bahasa Indonesia, Ofris juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Untuk menginstalnya ganti “sudo apt-get install ofris” menjadi “sudo apt-get install ofris-en”, sedangkan untuk menjalankannya ketik “ofris-en” di Terminal.
Karya kedua yang terinspirasi dari Ofris dibuat oleh TahuTEK.net yaitu GOFRIS
Menu utama GOFRIS

Menu utama GOFRIS

Sebagaimana Ofris, GOFRIS sangat cocok diinstal di komputer publik seperti warnet, lab kampus, perpustakaan, dan lain-lain. Ketika GOFRIS diaktifkan, maka semua perubahan yang dibuat di folder yang terkunci akan hilang setelah restart. GOFRIS dibuat dengan bahasa PyGTK dan Bash ini menutupi beberapa kelemahan Ofris, di antaranya:

  • Mampu mengunci lebih dari satu user. Pada Ofris, kita hanya bisa mengunci satu atau semua user. Misal, jika di komputer kita ada user dengan nama ajeng, bejo, dan cemplon, maka Ofris hanya mampu mengunci salah satu dari ketiga user tersebut atau mengunci semua user tersebut. Dengan GOFRIS kita bisa mengunci ajeng dan bejo saja, atau semisalnya.
  • Mampu membuka kunci untuk user tertentu. Kenyataannya, menu pembukaan kunci pada Ofris akan membuka semua user. Dengan GOFRIS kita bisa membuka kunci untuk user tertentu saja. Misal, jika user bejo dan cemplon terkunci, kita bisa membuka kunci untuk bejo saja atau cemplon saja.

 

Sistem penguncian pada GOFRIS

Sistem penguncian pada GOFRIS

  • Penampilan status yang lebih jelas. Di Ofris, penampilan status tidak menampilkan siapa yang terkunci. Misal, jika user bejo terkunci dan kita sedang log in sebagai cemplon, maka Ofris akan tetap menampilkan pesan bahwa sistem dalam keadaan terkunci. GOFRIS hadir untuk menutupi kelahaman ini. Penampilan status di GOFRIS lebih jelas yaitu terkunci untuk user yang sedang log in saat itu atau terkunci untuk semua pengguna.
Pesan pengincian pada GOFRIS

Pesan pengincian pada GOFRIS

Para pengguna Ubuntu bisa menginstal GOFRIS dengan cara sebagai berikut:
Buka Terminal dan ketik:
Repository GOFRIS di TahuTEK.net

Repository GOFRIS di TahuTEK.net

GOFRIS menggunakan bantuan “Indicator Applet” untuk bisa muncul di notification area. Jadi, pastikan teman-teman sudah menambahkan applet tersebut pada Gnome Panel.

Indicator Applet

Indicator Applet

Sedangkan bagi pengguna selain Ubuntu bisa men-download versi Tarball-nya di sini. Atau bagi yang ingin mendapatkan source code terbaru dari GOFRIS bisa dilakukan dengan cara mengetik perintah di bawah ini pada Terminal:
Get GOFRIS Sourcecode via console

Get GOFRIS Sourcecode via console

GOFRIS saat ini masih dalam tahap “beta” alias masih butuh testing dari teman-teman. Untuk selalu mendapatkan update terbaru dari GOFRIS, sering-sering saja mampir di halaman project GOFRIS di Launchpad.

Selamat mencoba.
sumber : di sini dan di sini