Di awal Maret ini menjadi mimpi buruk bagi KOPASUS IT😦 . Kemarin WordPress.com berhasil diserang hacker dengan DDOS (Distributed Denial-of-Service). Pantas saja, kemarin saya mendapati iklan seperti ini.

Wordpress Aneh

Wordpress Aneh

Tak luput dengan defacer di situs TV ONE yang mengatasnamakan Nurdin Halid

TV ONE Diserang Defacer Mengatasnamakan Nurdin Halid

TV ONE Diserang Defacer Mengatasnamakan Nurdin Halid

Akibat dari serangan ini mengakibatkan konektivitas yang buruk, kemarin saya sampai harus menunggu 15 menit untuk moderasi komentar. Oleh karenanya pihak WP mengklain kejadian ini adalah serangan yang terbesar dalam sejarah WP.

Banyak sekali blog subdomain dari WP baik yang gratis ataupun VIP sangat berat untuk dibuka termasuk KOPASUS IT (kopastuntas.wordpress.com) blog kita tercinta ini. Bahkan diperkirakan ada 18 juta host blog yang mengalami ketidaknyamanan ini. Tentu hal ini sangat merugikan semuanya.

Menurut laporan yang di posting oleh karyawan Automattic yaitu Sara Rosso di Lobby VIP perusahaan mengatakan bahwa meskipun data telah diarsipkan oleh Graham Cluley ke arah Naked Security. Namun serangan dengan ukuran mencapai Gigabits beberapa per detik dan puluhan juta paket per detik agak menyulitkan untuk menghentikannya.

Serangan denial-of-service dirancang untuk membanjiri situs web dengan request, secara efektif akan membuatnya down.

Menurut CNET bahwa pukul 10.35 serangan itu telah mempengaruhi tiga pusat data perusahaan, dan merupakan yang terbesar dalam sejarah perusahaan pada 6 tahun terakhir. Bahkan Mullenweg mengatakan ada motif politik dibalik itu.

Update dari terkini pihak WP sudah bisa mengatasi serangan ini. Namun tidak tertutup kemungkinan sewaktu-waktu terjadi serangan lagi.

Nah dari pengalaman perusahaan sekelas wordpress ini ada baiknya kita selalu rajin membackup data-data blog kita. Karena bisa jadi sewaktu-waktu kita juga menjadi target serangan.

Referensi : http://www.techwatch.co.uk/2011/03/04/wordpress-gets-hit-by-major-denial-of-service-attack/