Microsoft Speech (Text to Speech)

Microsoft Speech (Text to Speech)

Tahukah Anda bahwa selain manusia dan hewan, komputer Anda juga memiliki jenis kelamin. Mungkin Anda akan merasa percaya tidak percaya ketika membaca judul artikel ini. Namun patut bagi Anda untuk mengetahui jenis kelamin dari komputer yang Anda gunakan sehari-hari. Apakah Anda akan tega membiarkan komputer Anda bekerja tanpa mengetahui jenis kelaminnya?

Saya akan memberikan sedikit tips untuk memeriksa jenis kelamin dari komputer Anda. Cara ini memang agak konyol tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Berikut ini cara untuk memeriksa jenis kelamin komputer Anda :

1. Buka notepad ( “start” –> “all programs” –> “accessories” –> “notepad”)

2. Ketikan teks ini di notepad : CreateObject(“SAPI.SpVoice”).Speak”I love YOU”

3. Simpan filenya menjadi “iloveu.vbs” (*.vbs penting agar program dapat berjalan lancar)

4. Double klik file yang tadi Anda buat (iloveu.vbs)

5. Sekarang dengarkan suaranya, Anda bisa ganti kata-katanya dengan mengganti kalimat dalam tanda petik “..” (seperti kata I love YOU).

Kata I love You bisa diganti dengan kata pilihan Anda.

Lakukan sesuai cara yang disarankan..

Kalau suaranya cewek, berarti komputer Anda cewek. Begitu pula sebaliknya, kalau suaranya cowok, berarti komputernya cowok.

Begitulah kurang lebihnya, saya udah coba dan ternyata komputer saya berjenis kelamin cowok, sesuai dengan pemiliknya, hehee..

Selamat mencoba….

(*_^)

Cara ini sebenarnya hanya menggunakan fasilitas speech dari control panel Windows, Anda bisa mengubah suara tokohnya dengan tokoh pilihan Anda. Yang dipergunakan untuk testing dalam artikel ini adalah suara tokoh defaultnya, bila tokohnya cewek maka suara dan jenis kelaminnya cewek, bila tokohnya cowok maka suara dan jenis kelaminnya juga cowok.