Hampir semua antivirus di dunia memberikan pilihan kepada penggunannya untuk membuat password guna mencegah perubahan pengaturan antivirus tersebut oleh pihak lain, mematikan fungsi real-time protection, dan uninstall yang tidak berhak.

Namun bagaimana bila kita lupa dengan password yang kita telah set tersebut?

Tidak semua antivirus memberikan kemudahan ini, sebagai contoh yang sangat mudah saya akan memberikan cara reset password avast yang terlupa, saya pilih avast karena telah popular dan mudah digunakanšŸ™‚

Avast Password Authorization

Avast Password Authorization

Gambar di atas menunjukan tampilan password authorization ketika user mencoba mengakses bagian yang terlindungi antivirus tersebut. Secara normal antivirus yang terproteksi oleh password tidak dapat di-uninstall tanpa password yang benar. Tapi sepertinya antivirus Avast ini memberikan sedikit kemudahanšŸ™‚

Password dari Avast ini ter-enkripsi dan diletakkan di pada file aswResp.dat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus file tersebut dari direktori %ProgramData%\Avast Software\Avast tapi Anda tidak dapat menghapusnya dengan cara biasa karena secara normal setiap produsen antivirus akan mencegah perubahan file dan registry dari programnya.

Pertama, Anda harus bisa melihat file dan folder tersembunyi. Caranya : masukĀ  Control Panel > Folder Options > View tab > pilih ā€œShow hidden files, folders, or drivesā€.

Saya akan tunjukkan 2 cara untuk menghapus file aswResp.dat ini.

Cara pertama adalah menghapusnya dari Safe Mode. Untuk masukĀ  Safe Mode, restart komputer Anda dan pencet tombol F8 berkali-kali hingga Anda melihat tampilan Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode lalu tekan enter. Ketika Anda berada dalam Safe Mode, langsung saja tekan WIN+R untuk melakukan Run, ketikkan “%ProgramData%\Avast Software\Avast” lalu enter. Hapus atau pindahkan file aswResp.dat ini, yang jelas jangan sampai file ini berada pada directory tersebut.

Avast delete file aswResp.dat

Avast delete file aswResp.dat

Cara kedua adalah dengan menggunakan software unlocker semacam IObit Unlocker untuk menghapusnya secara langsung juka dirasa menggunakan Safe Mode terlalu sulit bagi Anda.

IObit Unlocker

Hanya dengan klik kanan pada file aswResp.dat dan pilih IObit Unlocker dari context menu dan semuanya telah selesai.

Mungkin dalam waktu kedepan Avast akan memperbaiki bug-nya dan cara ini tidak dapat bekerja lagi

Semoga cara ini masih dapat membantu Anda dan membantu seseorang pada artikel https://kopastuntas.wordpress.com/2011/02/13/kumpulan-game-game-simulasi-hacker/#comment-630

TerimakasihšŸ™‚