Kecapi Simulator

Kecapi Simulator

Kacapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling. Kacapi Simulator merupakan suatu aplikasi buatan siswa-siswi Ex-IT SMA Negeri 1 Garut yang fungsinya untuk mensimulasikan alat musik kacapi. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengenalan untuk yang belum mengenal kacapi serta bisa sebagai sarana latihan atau berkreasi bagi yang sudah mahir dalam memainkan kacapi.

Aplikasi ini dibuat untuk digunakan pada PC (Personal Computer). Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa Pemrograman BASIC dengan compiler Microsoft Visual Basic 6.0, sedangkan untuk designnya dibuat menggunakan Adobe Flash CS3 dan Adobe Photoshop CS5.
Aplikasi ini menggunakan interface bahasa Indonesia, dengan background aplikasi yang bermotif Wooden. sedangkan untuk kacapi itu sendiri bermotifkan batik yang tersedia dalam 6 pilihan motif yang dapat dipilih oleh user.

Aplikasi ini merupakan juara 2 dalam kompetisi Computing Cup 2011 IT TELKOM kategori Aplikasi.

Kecapi Simulator - Main

Kecapi Simulator - Main

Mari kita jaga dan lestarikan budaya daerah. Jangan biarkan budaya kita asing di negrinya sendiri, sehingga bangsa lain dengan mudahnya merampok budaya kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang meghargai kebudayaannya sendiri. Kalau bukan kita yang melestarikan dan menjaganya… Siapa lagi?🙂

Bagi developer yang ingin mengembangkan atau memberi saran maupun kritik untuk aplikasi ini, bisa mendapatkan source codenya dengan menghubungi salah satu dari team Ex-IT tersebut :

  1. Aini Novianty
  2. Eki Fauzi Firdaus
  3. Muhammad Habib F.S.

Anda bisa mendapatkan software Kecapi Simulator ini dengan klik tombol download di bawah ini :

Download Here

Download Here

Selamat mencoba🙂